//
you're reading...
Java

Sejarah Java

Ada banyak literatur yang menyatakan sejarah pertama kali lahirnya Java. Daru literatur yang pernah saya baca, bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh beberapa nama yaitu: Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling, Bill Joy, dan sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystem.

Sekitar tahun 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi ini dinamai “*7” (Star Seven).

Sekitarbulan Maret 1995 untuk pertama kali source code Java versi 1.0a2 diluncurkan.

Istilah atau nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “Bapak Java”, James Gosling. Nama Oak tidak dipakai untuk versi release Java karena sudah ada perangkat lunak lain yang terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga nama penggantinya menjadi “Java”. Konon nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji atau kita sering menyebutnya kopi tubruk yang juga kesukaan Gosling. Kopi tersebut berasal dari Pulau Java. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).

About nisa

An extraordinary girl in an ordinary world

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: